Tips Penggunaan Gadget Pada Anak

Tips Penggunaan Gadget Pada Anak

inaviation.info – Generasi anak saat ini telah mengalami perubahan yang luar biasa. hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Banyak anak di usianya yang masih balita sudah dengan lihai mengoperasikan smartphone. Dimana kita ketahui melalui smartphone yang tersambung dengan internet membuat kita dapat tersambung dengan orang-orang di segala penjuru dunia sehingga informasi dari manapun dapat kita ketahui dengan cepat. Di dalam smartphone pengemasan informasi bermacam macam. Ada yang dikemas dalam bentuk tulisan ada juga yang dikemas ke dalam bentuk video, serta dikemas dalam bentuk gambar.

Anak usia balita sangat mudah untuk menirukan dan menangkap  dari apa yang mereka lihat. Bisa dari orang-orang di lingkungan sekitar maupun melalui gadget yang mereka gunakan. Bagi anak balita usia 2-5 tahun mereka lebih suka pada video dan gambar karena mereka belum bisa membaca. Berbeda lagi dengan anak-anak usia SD, SMP dan SMA yang sudah bisa membaca. Selain dari gambar dan video mereka bisa mendapatkan informasi dan pengetahun dari tulisan. Banyak dampak positif dan negatif yang disebabkan gadget pada perkembangan anak. Apabila sebagai orang tua kurang bijak dalam penggunaan gadget pada anak maka akan berdampak buruk bagi perkembangannya. Berikut tips penggunaan gadget pada anak agar tidak berdampak buruk:

1. Memberi kesempatan untuk bermain gadget selain bermain dengan lingkungan sekitar

Perkembangan gadget memang tidak bisa dihindari agar tidak digunakan anak-anak. Karena dari lingkungan sekitar seperti orang tua dan keluarga pun gadget menjadi kebutuhan primer. Sehingga kita harus bijak dalam penggunaan gadget terhadap anak. Hal tersebut harus dilakukan agar anak tidak terlalu kecanduan gadget ataupun sama sekali tidak mengerti gadget karena dilarang untuk menggunakannya. Dengan memberi kesempatan bermain gadget dengan konten bermanfaat maka hal tersebut bisa membuat anak tetap senang bermain sambil belajar dengan batasan waktu sehingga waktu yang lain digunakan untuk bermain dengan lingkungan sekitar.

2. Memberikan variasi pembelajaran teknologi pada anak

Konten yang ditawarkan oleh internet  sangat beragam. Mulai dari video dan gambar yang bermanfaat sampai konten yang mengkhawatirkan bagi perkembangan anak. Saat ini banyak aplikasi yang ditawarkan jenisnya. Mulai  dari aplikasi tentang warna, binatang, suara yang diatur sesuai usia dan dapat diunduh secara gratis. Hal tersebut memudahkan para orang tua untuk memilih aplikasi untuk anak. Maka dari itu sebagai orang tua harus senantiasa mencari tau juga aplikasi yang bermanfaat dan bervariasi untuk anak agar anak tidak bosan dalam belajar dan bermain.

3. Memberikan rangsangan kognitif terhadap anak melalui perkembangan teknologi

Dalam aplikasi yang tersedia saat ini banyak bertemakan pembelajaran baik untuk anak usia dini maupun anak usia pelajar lainnya untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Bagi anak yang masih usia dini sehingga sangat perlu rangsangan kognitif para orang tua dapat mempraktekkannya dengan menceritakan dongeng sehingga anak dapat berimajinasi.

4. Membatasi waktu penggunaan gadget

Anak usia dini memang lebih suka bermain daripada belajar. Pada gadget tersedia berbagai macam permainan dan video menarik yang apabila para orang tua membiarkan berjam-jam bersama gadget anak pun akan betah. Maka dari itu pembatasan waktu sangat diperlukan.

Jadi disini perkembangan gadget sangat perlu pendampingan orang tua. Kita tidak bisa melarang anak untuk tidak bermain gadget ataupun membiarkannya asyik dengan gadgetnya. Gadget sangat bermanfaat dan besar dampak positifnya apabila penggunaanya juga tepat. Selain tips diatas para orangtua juga dapat membuka link yang berkaitan dengan pembelajaran anak sehingga dapat menambah pengetahuan anak. salah satunya dengan mengunjungi website https://www.gurupendidikan.co.id/ disini banyak tersedia materi pembelajaran dan segala tentang pendidikan yang dapat menambah pengetahuan anak.